FIRSTBAND. Indonesia termasuk salah satu negara yang kaya kesenian dan budaya. Dari ribuan pulau yang ada di Indonesia, ada ribuan pula budaya, peradaban dan musik yang tetap terjaga dan terawat hingga era modern ini.  Kebudayaan ini jadi khazanah kekayaan bangsa yang tak dimiliki bangsa lain. Dari sekian banyak budaya, peradaban dan musik ini, tak sedikit yang mendunia dan menunjukkan kekayaan budaya bangsa.

Salah satu bentuk kebudayaan itu adalah alat musik melodis. Banyak orang yang penasaran apa yang dimaksud alat musik melodis. Di antara banyak alat musik yang beredar, alat musik melodis termasuk yang paling banyak digunakan. Ternyata, ada banyak jenis alat musik melodis ini. Beda alat musik, beda pula bahan dan cara membunyikannya.

Alat musik  merupakan instrumen penting untuk mengiringi lagu agar lebih hidup dan bermakna. Apa saja pengertian alat musik melodis? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan sejenis peralatan musik yang mampu menghasilkan melodi dan nada serta fungsi yang tak mampu dilakukan oleh jenis alat musik ritmis. Suara yang keluar dari alat musik melodis ini lebih tertata, bagus dan merdu. Salah satunya karena alat ini mampu mengatur nada.

Baca juga: Tanpa Nada dan Irama. Jadi Apa yang Dimaksud Alat Musik Ritmis?

Pengertian alat musik melodis menurut para ahli

Johann Philipp Kirnberger, seorang musisi kenamaan menjelaskan bahwa fungsi musik melodis sebagai harmoni untuk mencapai melodi yang indah.

Sedangan marcus pop menjelaskan bahwa alat musik melodis merupakan jenis alat musik yang mampu menggerakkan indra, aroma dan ingatan seseorang. Sehingga bila aneka musik ini dibunyikan, maka akan membawa dampak harmoni, ritme yang sangat indah dan menghadirkan ketenangan dan kenyamanan.

Ada aneka suara yang mampu dihasilkan oleh alat musik melodis ini sesuai dengan jenisnya. Nada yang dihasilkan adakalanya nada rendah, nada sedang dan nada tinggi. Jenis nada yang dihasilkan juga tergantung bagaimana seseorang memainkannya. Orang yang sudah ahli memainkan alat musik, tentu mampu menghasilkan nada, suara yang indah, merdu dan khas. Berbeda dengan orang yang masih dalam tahap belajar memainkan peralatan musik. Jadi, hasil akhir suara alat musik tak sama tetapi tergantung pada tangan orang yang memegang dan memainkan alat musik itu.

Sebagai salah satu jenis alat musik modern, alat musik melodis punya banyak komponen yang sangat kompleks. Biasanya alat musik ini punya banyak tombol yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Karena memiliki aneka tombol yang berbeda-beda, maka membutuhkan waktu yang cukup panjang dan jam terbang tinggi untuk mampu memainkan dan menghasilkan suara yang khas, bagus dan indah.

Secara umum, alat musik melodis bisa dimainkan bersama dengan alat musik ritmis tetapi adakalanya dimainkan secara solo atau sendiri saja.  Ada banyak contoh alat musik melodis ini. Adakalanya tradisional mapupun yang modern.

Fungsi Alat Musik Melodis

Ada beberapa fungsi alat musik melodis ini untuk mendastangkan keindahan dan kebahagiaan. Di antaranya adalah:

 Pengiring Lagu

Lagu mampu menghasilkan suara yang merdu dan bagus tetapi perlu ditunjang oleh musik melodis agar suaranya lebih indah lagi.  Alat musik yang sering digunakan untuk mengiringi lagu adalah gitar, bass serta piano.

Media Terapi

Jarang orang yang tahu bahwa musik melodis mampu membantu proses terapi kesehatan. Lebih dari itu, musik melodis akan membantu Anda lebih fokus saat melakukan latihan dan menguasai alat musik yang lainnya.

Mengiringi Tari

Tarian perlu dilengkapi dengan iringan melodis untuk menambah kesahduan dan keindahannya. Ada beberapa jenis alat musik melodis yang cocok untuk mengiringi lagu. Di antaranya adalah Sasando, Gong serta Angklung.

Contoh Alat Musik Melodis

Ada beberapa jenis contoh alat musik melodis yang perlu Anda tahu. Misalnya saja:

Alat Musik Melodis Dipetik

Ada beberapa jenis alat musik melodis yang cara memainkannya dengan dipetik adalah:

Kecapi

Kecapi merupakan salah satu alat musik melodis yang berbentuk dawai dan cara memainkannya dengan memetik lehernya. Cara memainkannya juga bisa dengan menekannya.  Kecapi menghasilkan suara dari senar dawai yang bergetar saat Anda memetiknya.

Penasaran dari daerah manakah alat musik kecapi berasal? Alat musik kecapi berasal dari daerah sunda jawa barat. Bagaimana cara memainkan alat musik kecapi jelaskan? Anda bisa memainkan alat musik kecapi dengan cara dipetik.

Gitar

Apakah alat musik gitar itu? Wikipedia mendefinisikan gitar sebagai alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Mengetiknya bisa menggunakan spektrum atau jari-jari. Alat gitar ini berbentuk batang tubuh. Bagian lehernya padat. Ada tempat untuk meletakkan senar. Senar  ini umumnya berjumlah enam  yang saling berdekatan.

Bahan baku pembuatan gitar berasal dari berbagai jenis kayu. Bahan gitar juga sering dilengkapi senar berbahan nilon atau baja.

Sasando

Sasando termasuk salah jenis satu alat musik  melodis  yang berasal dari pulau Rote NTT (Nusa Tenggara Timur).  Secara umum definisi Sasando adalah alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik  dengan jari-jari layaknya gitar. Sasando termasuk dalam golongan alat musik berdawai yang unik dan menarik. Bentuk sasando berupa tabung panjang terbuat dari bambu spesial. Pada bagian atas bambu ada tempat untuk meletakkan dawai. Manfaatnya untuk mengatur kadar kekencangannya.

Alat Musik Melodis Ditiup

Alat musik melodis yang cara memainkannya dengan ditiup adalah:

Pianika

Pianika termasuk jenis alat musik melodis yang mirip dengan harmonika. Umunya Pianika ini menggunakan bilah-bilah keyboard yang memiliki luas sekitar 3 oktaf. Orang-orang memainkan pianika dengan cara meniupnya secara langsung. Ada juga yang meniup menggunakan pipa lentur yang terhubung langsung ke mulut. Banyak guru yang mengenalkan pianika sebagai media pendidikan di sekolah.

Seruling

Seruling merupakan alat musik melodis yang terbuat dari bahan kayu atau bambu. Cara memainkannya dengan ditiup langsung dari mulut. Alat Seruling ini mampu menghasilkan suara yang merdu, lembut dan indah didengar. Biasanya musisi memainkan seruling bersamaan dengan alat musik yang lainnya. Sedangkan pada era modern ini telah lahir seruling modern yaitu sebuah seruling yang terbuat dari bahan perak bahkan bahan emas atau campuran dari kedua bahan ini.

Alat musik melodis digoyang

Ada beberapa alat musik yang cara memainkannya dengan digoyang. Alat musik melodis yang cara memainkannya dengan digoyang adalah:

Angklung

Alat musik angklung ini merupakan jenis alat musik yang berbentuk tabung bambu. Alat ini terbentuk dan terangkai sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan bunyi saat digoyang. Angklung ini berasal dari jawa barat.

Alat Musik Melodis digesek

Alat musik melodis yang cara memainkannya  perlu menggesek adalah biola. Biola merupakan salah satu instrumen unik yang melegenda dari masa ke masa. Biola termasuk salah satu jenis alat musik dawai yang cara memainkannya dengan digesek.

Alat Musik Melodis Dihisab

Alat musik melodis yang cara memainkannya dihisap adalah harmonika. Harmonika termasuk salah satu alat musik  yang mendunia. Alat musik harmonika ini cara memainkannya dengan menghisapnya. Asal-usulnya berasal dari negara cina.

Alat musik melodis ditekan

Jenis alat musik melodis yang perlu menekan untuk memainkannya adalah piano dan akordion.

Piano

piano adalah instrumen musik yang berbentuk klasik. Alat ini mampu menghasilkan suara dari ketukan  tuts senar perpaduan dengan hammer (dipukul).

Akordion

Alat musik melodis yang cara memainkannya ditekan adalah akordion.  Akordion merupakan alat musik berbentuk kecil sejenis organ. Pertama kali diciptakan oleh Christian Fried dari Jerman. Akordeon berasal dari Sumatera selatan. Alat ini bentuknya mirip piano dan memiliki tuts warna putih.

Contoh alat musik melodis tradisional

Ada beberpaa alat musik melodis tradisinla di sekitar kita. Di antaranya adalah:

Angklung

Anglung termasuk salah satu alat musik melodis tradisional berasal dari Indonesia. Alat musik angklung ini terbuat dari ahan dasar bambu. Biasanya tersusun atas beebrapa bambu. Beberapa bambu ini tersusun atas 1 hingga nada. Untuk menikmati akat musik ini Anda perlu emnggoyang dan atau menggetarkannya.

Sasando

Alat musik sasando oni berasal dari pulau Rote NTT. Nbentuk sasando sangat unik dan menarik. Sehingga mampu menarik minat anuak orang untuk melihat dan menikmati keindahannya. Anda nisa menikmati alat musik sasando oni dengan memtik dawainya.

Kecapi

Alat musik kecapi ini banuak digunakan saat acara kesenian Sunda. Kecapi termausk alat musik petik. Alat ini ternuat dari bahan kayu kenanga perpaduan dnegan kawat suasa. Biasanya alat musik kecapi ini digunakan untuk mengiringi seuah lagu.

Calung

Pada prinsipnya calung ini mirip dengan angklung. Yaitu sebuah alat musik tradisional yang terbaut dari bambu. Alat musik Calung ini berasal dari tanah Sunda juga. Calung biasa dimainkan bersama anglung. Sehingga keduanya saling melengakapi satu sama yang lainnya.

Suling

Orang sering menyebut suling dengan seruling. Sehingga suling dan seruling ya sama saja. Seruling ini terbuat dari bahan bambu saat masih basah. Dalam praktinya, suling digunakan bersamaan dengan alat musik yang lain dalam sebuah pentas kesenian.

Bonang

Bonang merupakan alat musik melodis yagn berasal dari Jawa. Tepatnya Jawa Timur. Bonag ini biasa dimainkan bersama dengan gamelan. Gamelan tak bisa menghasilkan suara yang khas tanpa iringan dari boang ini. Sehingga peran bonang sangat [enting bagi gamelan. Gamelan dan boang ini biasa dimainakn dalam pentas pewayangan.

Penutup

Dalam artikel ini penulis telah menyajikan pembahasan tentang apa yang dimaksud alat musik melodis, jenis, bahan dan cara membunyikannya. penulis berhadap Anda bisa memajami penjelasan tentang definisi alat musik melodis, fungsi, bahan, asal usul dan cara memainkannya. Sehingga pemahaman Anda tentang musik melodis semakin bertambah dan Anda akan tambah kagum dengan kekayaan kebudayaan Indonesia.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published