Cajon Adalah Alat Musik – Tidak banyak orang yang mahir memainkan cajon namun tidak mengetahui dari mana alat musik itu berasal, meskipun salah pengucapannya. Cajon biasanya diucapkan ‘ka-hon’, kata Spanyol yang berarti ‘kotak’.

Kotak berlubang ini merupakan alat musik perkusi bersisi enam yang dimainkan dengan cara mengetuk bagian sisinya dengan jari, tangan, atau berbagai alat musik lainnya seperti stik drum. Cajon biasanya terbuat dari kayu lapis, dan umumnya memiliki ketebalan 1,3 cm sampai 1,9 cm pada lima sisinya dan pada bagian terpenting yaitu bidang yang akan ditepuk atau dipukul merupakan fungsi dari papan tipis keenam.

Cajon Adalah Alat Musik

Cajon Adalah Alat Musik

Fakta sejarah menyebutkan bahwa Cajon awalnya berasal dari Peru. Pada awal abad ke-18, Peru dijajah oleh bangsa Spanyol. Itu adalah salah satu peristiwa tergelap yang pernah terjadi dalam kehidupan Peru.

Jual Cajon Akustik Elektrik

Saat itu, Spanyol melarang keras budak Peru memainkan alat musik. Orang Peru yang mewarisi bakat dan selera musik kemudian merasa sulit untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Hidup mereka selalu terhubung dengan musik. Akhirnya mereka menemukan jalan keluar untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Mereka memutuskan untuk membentuk kayu yang tidak terpakai menjadi instrumen berbentuk kotak. Itu dibuat dalam bentuk kota dengan tujuan untuk mengurangi kemungkinan tertangkap oleh orang Spanyol karena bermain musik.

Dalam sumber lain dijelaskan bahwa lahirnya alat musik Cajon melambangkan kerinduan mereka akan kebebasan, hak untuk hidup, kebersamaan dan kemandirian. Keberadaan instrumen berbentuk kotak tersebut menekankan kesadaran mereka akan nilai harkat dan martabat manusia. Mereka menyadari betapa sakitnya dihina, dikutuk, diperkosa, diinjak-injak dan dihancurkan. Mereka sadar bahwa sebagai manusia mereka juga memiliki hak untuk diperlakukan sebagai manusia.

Seiring waktu, orang Peru menyadari bahwa instrumen yang mereka buat dapat menghasilkan suara melodi yang selaras sempurna dengan lagu tradisional mereka. Kadang-kadang mereka memainkan alat musik cajon untuk mengiringi tarian tradisional mereka. Ketukan dan nada instrumen membuat para penari lebih energik, bersemangat dan hidup. Instrumen ini menjadi sangat berarti bagi mereka sehingga mereka tidak dapat membiarkan siapa pun menghentikan mereka untuk melestarikannya. Nyatanya, usaha mereka untuk melestarikan cajon telah berhasil. Bahkan orang Spanyol pun tidak berhasil mencegahnya selama masa kolonial. Ada banyak orang yang tertarik dengan lagu-lagu cajon yang memesona. Penggunaan instrumen berbentuk kotak menjadi lebih umum dari hari ke hari. Tak hanya mereka, bahkan mereka yang disebut orang kulit putih pun mulai memainkan alat musik tersebut.

Di pertengahan abad ke-19, Cajon mencapai puncak popularitasnya. Melalui migrasi dan penjelajahan putih, cajon mulai dikenalkan kepada orang-orang di seluruh dunia. Saat ini banyak sekali kita jumpai musik-musik yang menggunakan cajon hasil kolaborasi dengan instrumen lain dari ekspansi penjajah. Di hampir setiap pertunjukan orkestra dan seni musik, kita juga bisa melihat alat musik berbentuk kotak. Kebanyakan musisi modern dan kontemporer lebih suka menggunakan instrumen berbentuk kotak ini dan bekerja sama dengan instrumen lain.

Promo Recommended Cajon /cahon Mantap Body Sungkai Diskon 4% Di Seller Blisini Saja

Hingga saat ini, cajon menjadi salah satu alat musik yang paling digemari dan disukai tidak hanya oleh para penabuh genderang, tetapi juga oleh banyak orang lainnya. Bentuknya yang sederhana merupakan salah satu ciri dari alat musik cajon yang dimainkan dimana saja. Seorang kunis memainkan cajon yang dimodifikasi; Cajon tradisional memiliki lubang di belakang atau di sisi kiri/kanan tapa

Cajon adalah alat musik perkusi berbentuk kotak yang berasal dari Peru, dimainkan dengan cara dipukul permukaan depan atau belakang (biasanya dengan kayu lapis tipis) dengan tangan, jari, atau terkadang pemain menggunakan alat tambahan seperti stik drum, sapu atau palu, atau tongkat. drum. Pada mulanya cajon dimainkan dalam musik Afro-Peru (khususnya musik criolla), dan berkembang menjadi musik flamenco. Istilah cajon juga diterapkan pada instrumen perkusi berbentuk kotak lainnya yang digunakan dalam musik Amerika Latin, seperti cajon de rumba Kuba dan cajon de tapeo Meksiko.

Lembaran kayu setebal 13 sampai 19 milimeter (1/2 sampai 3/4 inci) digunakan untuk lima sisi kotak. Dan lembaran triplek yang lebih tipis dengan nama lain triplek dipaku sebagai sisi keenam, sekaligus bagian depan cajon. Bagian depan cajon biasa disebut tapa. Di bagian belakang cajon terdapat lubang sehingga berfungsi sebagai earpiece. Cajon modern memiliki kaki karet, dan memiliki beberapa sekrup di atasnya untuk menyesuaikan timbre perkusi.

Cajon Adalah Alat Musik

Pertama, cajon berasal dari kotak kayu, dan cajon mengalami perkembangan yaitu diberi kawat atau di atasnya untuk menimbulkan efek suara yang menyerupai suara snare drum yang sudah ada seperti senar gitar, rattle atau snare drum. Lonceng kecil juga bisa digunakan di pergelangan kaki sebagai penambah aksesori

Fakta Sejarah Dari Cajon Yang Harus Kamu Tahu

Budak dari Afrika barat dan tengah di Amerika dikreditkan dengan penemuan instrumen Kajon. Saat ini, alat musik ini sering digunakan dalam musik live di seluruh Amerika dan Spanyol. Cajon dikembangkan dan diperkenalkan selama masa perbudakan di pantai Peru. Cajon menjadi sangat populer pada tahun 1850-an, dan pada akhir abad ke-19 para pemain cajon membuat cajon mereka sendiri dengan membalikkan papan di atas badan cajon untuk mengubah pola getaran suara instrumen. Setelah masa perbudakan berakhir, cajon disebarkan ke khalayak musik yang lebih luas, termasuk orang-orang Criollos.

Perlu dicatat bahwa cajon berasal dari musisi budak di Amerika kolonial Spanyol, ada dua teori asal usul instrumen cajon. Kemungkinan gendang berasal dari berbagai instrumen kotak yang berasal dari Afrika barat dan tengah, khususnya Angola dan Antilles. Alat musik perkusi ini dibuat oleh para budak dari peti-peti pengapalan di Spanyol. Di kota-kota pelabuhan seperti Matanza, Kuba, peti dan kotak pengiriman ikan kod menjadi instrumen kotak serupa. Musisi dan etnomusikolog Peru Susana Baca, ibunya, menjelaskan bahwa cajon berasal dari “kotak-kotak pekerja yang membawa kotak buah dan bekerja di pelabuhan.” Mereka membawa kotak-kotak itu untuk dimainkan sebagai alat musik untuk hiburan.

Teori lain adalah bahwa para budak menggunakan kotak-kotak ini sebagai alat musik untuk melawan penjajah Spanyol yang melarang permainan musik di Afrika, yang akan digunakan sebagai alat musik mereka.

Sementara itu, pada awal abad ke-20, festejo adalah orang pertama yang menampilkan musik tanpa cajon, terutama karena pengaruh negara Negro Peru, ansambel musik yang didirikan pada tahun 1969, cajon mulai menjadi lebih penting daripada gitar dan mereka membawa “simbol baru Peru”.

Alat Musik Cajon Terbuat Dari

Setelah kunjungan singkat pada tahun 1980 dan presentasi televisi di kota Lima dengan pemain perkusi Peru Caitro Soto, gitaris flamenco Spanyol Paco de Lucía membawa cajon ke Spanyol untuk dimasukkan ke dalam musiknya sendiri, dan dia terkesan dengan suara instrumen tersebut.

Seperti Tondero, Zamacueca dan Peruvian Waltz, Flamenco modern Spanyol dan gaya Rumba Kuba modern tertentu. Kajon lebih sering digunakan untuk mengiringi gitar akustik atau piano. Kajon dengan sangat cepat mendapatkan popularitas dalam genre blues, pop, rock, funk, world music, jazz, dll. Cajon sering digunakan sebagai bass drum oleh band, hanya untuk menggantikan full drum jika Anda menginginkan tampilan minimalis, karena cajon dapat berfungsi sebagai bass drum dan kursi drum untuk seorang drummer pada saat yang bersamaan. Meskipun cajon kadang-kadang dimainkan oleh beberapa band sebagai pengganti bodhrán, cajon belum menjadi instrumen populer dalam musik rakyat Irlandia, di mana drum bingkai tradisional bodhrán yang lebih tenang dan lebih tinggi memiliki tujuan yang sama, dan memiliki permainan yang unik. gaya. . Cajon juga dapat dilihat di beberapa musik Breton.

Para pemain Kajon duduk di atas kotak, terkadang bersandar dengan kepala di antara lutut. Perkunis dapat memainkan bagian atas telapak tangan dan jari untuk menyempurnakan suara. Beberapa pemain perkusi memasang pedal bass drum ke cajon, dan mereka memainkan cajon dengan satu kaki.

Cajon Adalah Alat Musik

Alat musik ini dimainkan tidak hanya dengan tangan, tetapi juga dengan stik sikat plastik dan logam, seperti yang digunakan untuk perangkat drum. Cara lain untuk memainkan cajon adalah dengan menggunakan pedal bass drum biasa, mengubah cajon menjadi alat musik perkusi tidak langsung yang dapat dimainkan dengan kaki. Hal ini memungkinkan pemain untuk memainkan drum pada pedal bass, membiarkan satu tangan (dan satu kaki) bebas memainkan alat musik lainnya. Sebaliknya, posisi dan ruang gerak mereka terbatas pada permainan cajon pada umumnya, jika cajon diletakkan di bawah, posisinya terlihat seperti bass drum, pemain cajon sulit dipukul dengan tangan. dipukul yaitu gendang. Seperti yang sudah diketahui jenis-jenis gendang. Oleh karena itu berikut informasi lebih lanjut yang pertama akan saya berikan informasinya yaitu Cajon.

Lp Aspire Accents Cajon Blueburst Streak

Cajón (pengucapan bahasa Spanyol: [kaˈxon] (ka-hone), “kotak” atau “kotak berlubang”) adalah alat musik perkusi berbentuk kotak bersisi enam yang dimainkan dengan cara mengetuk sisi-sisinya dengan tangan, jari. , atau berbagai instrumen lainnya seperti tongkat atau kuas (drum).

Cajon umumnya terbuat dari kayu lapis dengan ketebalan antara 1,3 dan 1,9 cm pada lima sisinya dan papan yang lebih tipis pada sisi keenam yang berfungsi sebagai area utama untuk ketukan atau pukulan. Alat musik ini mulai berkembang luas pada akhir abad ke-18 di kalangan budak dari Afrika di Peru.

Setelah mengetahui sedikit tentang instrumen cajon. selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang Dhol. apa itu Dhol? Mari kita simak informasinya bersama-sama.

Dhol (Punjabi: धोल, धोल; Hindi: धोल; Assamese: धुहोल; Urdu: धोल; Georgian: धधड़ल; Georgian: धोलड़ल; Persion Behol (instrumen perkusi) di mana digunakan di anak benua India, terutama di wilayah Punjab. Dan. oleh Sikh di Punjab Timur.

Pesanan Cajon Musiktage Bsp As R Ebony Meluncur Ke Palmerah, Jakarta Barat • Imagination Music Store

Selain Punjabi Timur, Dhol juga ditemukan di daerah lain di Asia Selatan termasuk Assam (di festival Bihu), Gujarat, Rajasthan, Sindh dan Maharashtra. Alat musik ini populer digunakan dalam musik Punjabi

Leave a Reply

Your email address will not be published