Contoh Alat Musik Margondang – Artikel ini memberikan informasi dan ulasan tentang alat musik tradisional Doba Batak dengan gambar dan penjelasan (petunjuk), ulasannya menarik dan mudah dibaca.

Tujuan penulisan artikel tentang alat musik Batak Toba ini sebenarnya memiliki banyak tujuan. Selain untuk menambah koleksi postingan blog, artikel ini juga bisa dijadikan bagian dari artikel tentang alat musik tradisional Doba Batak. Tak hanya itu, pengakuan satu-satunya alat musik dari Batak Toba ini memberikan gambaran kepada pembaca tentang seluk beluk budaya yang berakar dari suku-suku di Sumatera Utara.

Contoh Alat Musik Margondang

Contoh Alat Musik Margondang

Banyak suku dan suku yang tinggal di Sumatera Utara. Suku Batak terdiri dari subsuku Toba, Bata, Marlongong Barat, Mandelin, Karo dan Persisir Tabanu Ridenga/Angola yang masing-masing memiliki ciri, adat dan kebiasaan yang berbeda-beda.

Waspada, Jumat 2 Agustus 2019 By Harian Waspada

Namun kali ini kita hanya akan membahas tentang alat musik tradisional milik masyarakat Batak Toba dan cara memainkannya. Kami telah menulis tentang alat musik suku Nias dan Karobatak beberapa waktu lalu.

Pembahasan di bawah ini akan memberitahu (bukan mengajarkan) kepada anda apa itu alat musik Batak Karo serta hal-hal lain yang berkaitan seperti bahan pembuatannya, cara memainkan alat musik tradisional tersebut, dan penjelasan lainnya.

Sarune Bolon adalah alat musik tradisional suku Batak Karo Sumatera Utara yang terbuat dari kayu, tanduk kerbau dan sonokeling untuk sumber bunyi “ipit ipit” (buluh ganda).

Alat musik ini dimainkan dengan tiupan angin. Cara memainkan alat musik Sarune Boloni dengan menggunakan “marulak hosa” (pernapasan melingkar), tempat bernapas tanpa terganggu suara sarune. Sarune Bolon adalah pemain melodi dan penyanyi Gondang Batak.

Buku Ajar Musik Etnik Dalam Kebudayaan Nusantara

Pangora adalah alat musik Jawa yang mirip gong dengan bentuk yang relatif sama. Bedanya alat musik pangora ini mengeluarkan suara “pok”. Apa penyebabnya? Hal ini dikarenakan alat musik pangora dipukul dengan tongkat, dan ujung pangora dibasahi dengan sandaran tangan.

Garantung (dibaca garattung) adalah alat musik batak toba merdu yang terbuat dari kayu dengan lima nada. Klasifikasi alat musik ini termasuk dalam kelompok gambang. Selain berfungsi sebagai pembawa melodi, ia juga berperan sebagai pembawa ritme variabel (ketukan 5 not) pada beberapa lagu yang dimainkan dengan cara Mamalu.

Garantung terdiri dari 7 wilahan yang digantung di atas sebuah kotak yang juga berfungsi sebagai resonator. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan dua tongkat di tangan kiri dan kanan. Tangan kiri berperan sebagai pembawa melodi dan irama, sedangkan tangan kanan memukul batang lengkuas dan virahan saat membawakan lagu.

Contoh Alat Musik Margondang

Merupakan alat musik Doba Batak yang dimainkan dengan cara dipukul membrannya dengan palu (tongkat). Taganing adalah satu set gendang melodi (drum bell) yang terdiri dari lima buah gendang yang digantungkan pada sebuah stand. Bentuknya sama dengan gordang, hanya berbeda ukurannya.

Indonesia: Alat Musik Tradisional

Taganing adalah pembawa melodi dan ritme yang selalu berubah di beberapa lagu. Klasifikasi alat musik ini termasuk dalam kelompok membranos. Taganing dimainkan oleh satu atau dua orang dengan menggunakan dua buah tongkat. Dibandingkan dengan Gordang yang relatif stabil, Taganing memiliki rasa melodi.

Set Taganing terdiri dari lima bagian. Di dalam game, posisi Taganin sangatlah penting. Selain mencampurkan ritme Taganing dengan melodi Serune, ia juga berperan sebagai konduktor, memberikan isyarat dan pengaruh moody kepada semua musisi yang terlibat.

Alat musik tradisional hapetan dari Sumatera Utara yang menyerupai kecapi dan dimainkan dengan dawai. Hapetani disebut juga Hasap atau Kucap.

Gordang yang dimainkan sebagai alat musik perkusi merupakan salah satu alat musik suku Batak Toba, gendang yang berukuran lebih besar dari Taganin, berperan sebagai pembawa irama yang konstan dan berubah-ubah. Alat musik Gordang ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara ditepuk.

Tari Tor Tor Merupakan Tarian Dari Suku

Ihutan memiliki kemiripan dengan alat musik tradisional Panggora. Ihutan adalah senjata runcing yang digunakan dengan tiga senjata lainnya. Hal ini dibedakan dari gong lainnya dengan ukuran, suara dan teknik atau gaya bermainnya.

Ihutan berdiameter sedikit lebih kecil dari oolaan 31 cm, lebih tinggi 8 cm (tebal), dan pencu berdiameter sekitar 11 cm. Ritmenya konstan dan terikat pada oloan gong (litani), sehingga bunyi yang bergema di antara kedua gong disebut pollol-polol dalam onomatopoeia. Gong ini juga dimainkan dengan tongkat kayu yang dibungkus kain atau karet. Seorang pemain memasuki lapangan.

Odap adalah drum dua sisi yang meruncing. Odap juga terbuat dari kayu nangka dan kulit sapi, sedangkan pengikat/pengikatnya terbuat dari rotan. Tingginya kurang lebih 34 – 37 cm, dengan diameter membran 26 cm di sisi pertama dan 12 – 14 cm di sisi kedua.

Contoh Alat Musik Margondang

Cara memainkannya adalah membetulkan gendang dengan kaki, kemudian dipukul dengan raket untuk mengeluarkan suara seperti da…, da…, da… dan seterusnya. Alat musik ini juga digunakan dalam band Gondang Sadinding.

Gambar Alat Musik Gondang

Akhirnya artikel berjudul Delapan Alat Musik Tradisional Batak Toba telah ditulis. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada kesalahan dalam demo, jangan ragu untuk menyarankan saran Anda di kolom komentar. Suku Batak Toba merupakan suku bangsa di Sumatera Utara yang tidak dapat dipisahkan dari musik. Musik selalu dikaitkan dengan acara adat dan upacara keagamaan. Hal ini terlihat pada gondang sabangun yang ditulis oleh Henry Spiller dalam bukunya Gamelan: Suara Tradisional Indonesia, sebuah orkestra tradisional Batak Toba yang sering digunakan untuk mengiringi tarian upacara tortor, atau dalam bahasa lokal disebut For adat ni gondang dohot tortor.

Gondang sabangun terdiri dari lima taganing (gendang dengan efek melodi), 1 gordang (bass drum yang mengatur irama), 3-4 ogung atau gong (gendang dengan ritme konstan) dan 1 hesek (alat musik perkusi, biasanya kosong) yang disusun atau dipukul untuk bantu irama) dan sarune bolon (alat musik tiup).

Sajangan gondang memiliki seperangkat alat musik kendang yang khas yaitu taganing dan gordang bahkan odap. Ketiganya digantung dari balok atau rak kayu.

Beberapa penabuh menyebut taganing sebagai seperangkat tujuh gendang yang terdiri dari lima taganing ditambah gordang dan odap. Gordang dan odap sebenarnya adalah dua instrumen independen dengan fungsi yang berbeda. Tapi odap selalu bisa diganti dengan gordang atau taganing.

Salah Satu Lagu Yang Berasal Dari Batak Adalah

Menurut tesis Mauly Purba tahun 1998 di Universitas Monash, musisi saat ini memainkan dua jenis gondang sadinding: ansambel dikurangi odap dan ansambel penuh, seperti yang dimainkan oleh anggota Parmalim, kelompok yang menjaga keutuhan organisasi keagamaan kepercayaan asli Batak. Musik yang dimainkan oleh kedua band ini mirip.

Taganing memegang peranan penting dalam pementasan musik gondang sadinding. Ini melayani fungsi ganda: baik sebagai pembawa melodi dan sebagai ritme yang selalu berubah di beberapa lagu. Selain itu, punggung bertindak sebagai konduktor, memberikan isyarat ritmis yang harus diikuti oleh semua anggota ansambel dan memberi semangat kepada pemain lainnya.

Tidak mengherankan bahwa pemakzulan sangat penting. Bahkan dalam kepercayaan kuno masyarakat Batak Toba, Rithaony Hutajulu dari Toba Batak Gundam menyatakan bahwa partaganing (punggung penabuh) dan parsarune (sarune penabuh) disamakan dengan dewa. Hal ini karena keduanya dipercaya dapat menyampaikan segala permintaan/keinginan kepada Debata Mulajadi Nabolon (penguasa tertinggi mikrokosmos dan makrokosmos).

Contoh Alat Musik Margondang

Dulu, Anda harus belajar dari pargon (musisi gondang) yang memiliki keterampilan musik untuk menjadi bagian darinya. Namun, konon ada juga orang yang memperoleh keterampilan tersebut dari Guru Badoro, dan disebut bakat.

Pdf) Polarisasi Kajian Budaya Di Aceh Dan Sumatera Utara

Sebagai alat musik, buntut digolongkan sebagai gendang yang disetel. Taganin terdiri dari lima gendang kayu yang diatapi kulit. Bentuknya seperti pipa melengkung (tong) atau pipa lurus. Ukuran bervariasi dari 40 hingga 55 cm dan diameter 18 hingga 24 cm. Yang terbesar di sebelah kanan, dan yang lebih kecil di sebelah kiri.

Nadanya sama; semakin jauh ke kiri, semakin tinggi nadanya. Lima nada gendang adalah nang, ning, nung, neng, nong, yang dalam istilah musik Barat sering kali setara dengan tangga nada pentatonik do-re-mi-fa-sol. Taganing dimainkan oleh satu atau dua orang memukul membran dengan dua palu (tongkat).

Masing-masing dari lima drum memiliki namanya sendiri. Diantaranya yang terbesar disebut odap-odap, paidua odap, painonga, paidua Tingting, dan yang terkecil disebut Tingting.

Beberapa bagian punggung memiliki ornamen atau ukiran yang disebut gorga. Ukirannya dicat dengan warna putih, merah dan hitam; putih melambangkan kesucian, merah melambangkan keberanian, dan hitam melambangkan kepolosan. Ada hiasan di badan, daun (di pengait dan alas) dan kaki. Kehadiran ornamen ini memberikan nilai seni dan estetika taganin.

Tari Kecak Dan Tari Tor Tor Sipitu Cawan Merupakan Tari Yang Berfungsi Sebagai

Dalam set gendang gondang sadinding, gordang tidak seistimewa taganing. Namun keberadaannya tidak bisa diabaikan. Gordang adalah bass, dimainkan terutama sebagai instrumen irama.

Gordang, tulisan dalam Seni Budaya Batak, Jamaludin S. Hasibuan terbuat dari kayu yang dilapisi kulit sapi atau kulit kerbau. Ukurannya lebih besar dan lebih panjang dari bagian belakang. Gordang dapat mencapai panjang 100 cm hingga 110 cm. Diameter bervariasi dari 23cm hingga 27cm.

Odap adalah gendang berkepala dua dengan panjang sekitar 30 cm dan diameter 20 cm. Bentuknya seperti ember. Seperti gordang, odap adalah alat musik irama. Dalam ansambel gondang sabangun, penabuh yang memainkan taganing juga memainkan odapi. Tapi musisi tidak bisa melakukan semuanya sekaligus.

Contoh Alat Musik Margondang

Pertunjukan Gongdang Sardindin hari ini lebih fokus pada hiburan. Kesucian Gangda mulai memudar. Untuk berbagai perayaan adat seperti pernikahan, kelahiran dan kematian, sebagian orang Batak tidak lagi memakai gondang. Mereka memilih hiburan modern seperti resital organ dan musik Eropa.

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Yang Unik

Namun Gondang tetap bertahan dalam konteks agama Parmalim yang masih menggunakan musik ini dalam konteks aslinya. Mereka menghormati leluhur mereka dengan musik dan berdoa untuk Debata Mulajadi Nabolon. *Negara sangat sensitif ketika Malaysia mengambil alih para pelanggar.

Contoh alat musik dinamis, contoh alat musik kolintang, contoh alat musik dipukul, contoh alat musik dangdut, contoh alat musik ritmis, contoh alat musik kecapi, contoh alat musik melodis, contoh alat musik harpa, contoh alat musik keroncong, contoh alat musik elektrofon, contoh alat musik rebab, contoh alat musik calung

Leave a Reply

Your email address will not be published