Gambar Alat Musik Cajon Atau – Pada artikel kali ini saya masih memberikan informasi tentang alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul yaitu gendang. Serta dikenal jenis drum. Nah berikut informasi lebih lanjut, pertama saya akan memberikan informasi khususnya Cajon.

Cajón (pengucapan bahasa Spanyol:  [kaˈxon] (ka-hone), “peti” atau “kotak berlubang”) adalah alat musik perkusi berbentuk kotak heksagonal yang dimainkan dengan cara mengetuk ujungnya dengan tangan, jari, atau banyak alat musik lainnya seperti sebagai tongkat atau sapu (drum).

Gambar Alat Musik Cajon Atau

Gambar Alat Musik Cajon Atau

Cajon biasanya terbuat dari kayu lapis dengan ketebalan 1,3 hingga 1,9 cm pada lima sisinya dan papan yang lebih tipis pada keenam sisinya, yang berfungsi sebagai area utama untuk mengetik atau memukul. Alat musik ini mulai berkembang luas pada akhir abad ke-18 di kalangan budak dari Afrika di Peru.

Kotak Drum Perkusi Kayu Padat Drum Maple,instrumen Musik Hitam Bahan Cajon

Setelah mengetahui sedikit tentang instrumen cajon. Selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang Dhol. Apa itu Dhol? Yuk simak informasinya bersama-sama.

Dhol (Punjabi: ਢੋਲ,  ڈھول; Hindi: ढोल; Assamese: ঢোল, Pashtun: დოლი; Urdu: ڈھول; Armenian: Purmaken: Purkurbance, Georgian:დოლი) and also  dohol, a musical instrument of language Pertan is used in the Indian subcontinent , terutama di wilayah Punjab, dan khususnya oleh orang Sikh di Punjab Timur.

Selain Punjabi Timur, Dhol ditemukan di bagian lain Asia Selatan, termasuk Assam (pada festival Bihu), Gujarat, Rajasthan, Sindh, dan Maharashtra. Instrumen ini biasa digunakan dalam musik Punjabi modern.

Dholak adalah sejenis gendang tangan yang juga dikenal sebagai dholaki. Dholak adalah instrumen perkusi klasik India Utara. Selain itu, India juga sangat populer di Pakistan dan Nepal sebagai pengiring. Dholak yang baik dapat memiliki lanyard atau lanyard tradisional. Sementara Dholak memiliki selaput dan pegangan sederhana di sisi kanannya, selaput di sebelah kiri memiliki lapisan khusus di permukaan bagian dalam. Lapisan ini terdiri dari campuran pasir, tar, dan tanah liat yang juga dikenal sebagai thedholak masala, yang tidak hanya membantu menurunkan nada, tetapi juga menghasilkan nada yang halus dan jelas. Cangkang dholak atau cangkang gendang biasanya terbuat dari kayu sheesham. Hasil proses gendang yang sudah selesai menentukan kualitas suara dholak a.

Cajon Akustik Murah,kajon,kahon,drumbox,cajon Mini

Akibatnya, bentuk dan permukaan bagian dalam dholak, dibiarkan kasar atau dihaluskan dengan hati-hati oleh pengukir gendang, menentukan kualitas dan jenis suara yang akan dihasilkan dan sangat bergantung pada aspek dholak. . Karena Dholak pada dasarnya tentang Rhythm, suara dan nada serta kualitas suara yang dapat dihasilkannya. Mungkin ritme yang paling khas yang dimainkan dalam “dhol” adalah “angka bertitik ganda cepat” yang dapat dihitung dengan suara solo yang ritmenya adalah “ONE-tah dan-tah HAI-tah dan-tah BA-E (tersisa di ‘ dan’ ) -TAH, EMPAT DAN ” (semua ibu di sini hanya memiliki satu tekanan), atau hanya sederetan nada bergaris bawah ganda yang panjang, di mana bagian bas digunakan untuk menerapkan variasi/kontras ritmis yang kurang lebih bebas.”

Itu sesuatu yang disebut instrumen yang disebut Dhol. Berikut saya akan memberikan informasi tentang alat musik yang bernama Taiko. Berikut ini adalah informasi tentang taiko.

Kata  taiko (太鼓) berarti “drum besar” dalam bahasa Jepang. Di luar Jepang, kata ini digunakan untuk merujuk pada berbagai bentuk permainan drum Jepang (和太鼓, ‘wa-daiko’, “drum Jepang”, dalam bahasa Jepang) dan bentuk seni drum band yang relatif baru (terkadang lebih spesifik disebut sebagai “kumi-daiko” (組太鼓).

Gambar Alat Musik Cajon Atau

Nagado-daiko (長胴太鼓, taiko bertubuh panjang) terdiri dari dua potong kulit sapi yang direntangkan di atas badan kayu (secara tradisional diukir dari satu bagian, sekarang sering dibuat dari sisa-sisa tong) dan diikat dengan tegangan tinggi. Kepala tsukeshime-daiko (付締め太鼓, sering disingkat menjadi “shime-daiko” atau hanya “shime”) memanjang pada cincin logam dan dijepit di sekitar tubuh yang lebih kecil. Tali tsukeshime-daiko ditarik kencang sebelum digunakan. Okedo-daiko (桶胴太鼓, laras taiko, sering disingkat menjadi “okedo” atau “oke”) dapat diletakkan di atas dudukan dan dimainkan seperti taiko lainnya, tetapi biasanya diikatkan di bahu agar penabuh dapat berjalan dengan mudah. serta memainkannya. Taiko Jepang lainnya termasuk uchiwa-daiko (内輪太鼓、fan taiko), hira-daiko (平太鼓, taiko datar), o-daiko (大太鼓, taiko besar), dan sejumlah instrumen perkusi lainnya dalam drama Noh Jepang Tradisional . ansambel,  gagaku dan kabuki.

Mike Music Pyle String Cajon

Drum Taiko raksasa, panjang 240cm, diameter terbesar 240cm, beratnya 3 ton. Terbuat dari sepotong kayu dari pohon berumur 1200 tahun

Drum Okedo-daiko berkisar dari yang kecil dan mudah dibawa hingga drum terbesar di Jepang. Berbeda dengan Nagado, drum ini dapat diproduksi dalam berbagai ukuran, tetapi TIDAK dalam semua ukuran mengingat konstruksi rangka kayunya. Wilayah Aomori terkenal dengan festival Nebuta. Di sini, okedo besar dimainkan oleh banyak orang sambil dibawa dengan kendaraan di sepanjang jalan. Okedo memiliki betta support sendiri yang dibuat oleh Hayashi Eitetsu.

Juga, seperti nagado-daiko, okedo memiliki bunyi konsonan yang disebut “ka”. Namun, saat memainkan pinggiran gendang okedo, penting agar pemain hanya memukul pinggiran logam terluar dan bukan pinggiran badan gendang. Kayu okedo yang tipis dan ringan sangat rentan terhadap penyok dan cepat rusak saat terkena benturan.

Di Jepang feodal, taiko sering digunakan untuk memobilisasi pasukan, membantu menentukan langkah berbaris, dan mengatur perintah atau pengumuman. Sebelum atau selama pertempuran, taiko yaku (drummer) bertanggung jawab untuk menentukan langkah berbaris, biasanya dengan enam langkah untuk setiap ketukan drum (ketukan-2-3-4-5-6, ketukan-2-3-4) – 5 -6).

Jual Cajon Aecaj2li Meinl Artisan Edition

Menurut dokumen sejarah (Gunji Yoshu), sembilan set dari lima ketukan dimaksudkan untuk memanggil sekutu ke dalam pertempuran, sedangkan sembilan set dari tiga ketukan, dipercepat tiga atau empat kali, adalah panggilan untuk maju dan mengejar musuh. . cajon yang dimodifikasi; Cajon tradisional dengan lubang di bagian belakang atau kiri/kanan tapa

Kajon adalah alat musik perkusi berbentuk kotak asal Peru, dimainkan hanya dengan cara dipukul bagian depan atau belakang dengan tangan atau jari (biasanya menggunakan triplek tipis) atau terkadang pemain menggunakan alat pelengkap seperti stik drum, sapu atau martil atau stik . drum. Pada awalnya, cajon dimainkan dalam musik Afro-Peru (khususnya musik criolla) dan berkembang menjadi musik flamenco. Istilah kajon juga diterapkan pada instrumen perkusi kotak lainnya yang digunakan dalam musik Amerika Latin, seperti cajon de rumba Kuba dan cajon de tapeo Meksiko.

Panel kayu setebal 13 hingga 19 mm (1/2 hingga 3/4 inci) digunakan untuk lima sisi kotak. Dan lembaran triplek yang lebih tipis dengan nama lain disebut triplek dipaku sebagai sisi keenam, dan juga sebagai bagian depan kajon. Bagian depan kajon sering disebut tapa. Di bagian belakang kajon terdapat lubang untuk dijadikan headset. Kajon modern memiliki kaki karet dan memiliki beberapa sekrup di bagian atas untuk mengatur timbre perkusi.

Gambar Alat Musik Cajon Atau

Pada awalnya kajon dibuat dari kotak kayu, dan kajon mengalami perkembangan yaitu dipasang atau diikatkan senar pada bagian atasnya untuk menimbulkan efek suara yang menyerupai suara gendang trap yang ada seperti senar gitar, kerincingan atau kerincingan. drum perangkap. Lonceng kecil juga bisa digunakan di pergelangan kaki sebagai aksesori penguat

Jual Meinl Bongo Cajon Percussion

Budak dari Afrika Barat dan Tengah di Amerika dikatakan telah menemukan instrumen Kajon. Saat ini, alat musik ini biasa digunakan dalam musik live di seluruh Amerika Serikat dan Spanyol. Cajon dikembangkan dan diperkenalkan pada masa perbudakan di pesisir Peru. Cajon menjadi sangat populer pada tahun 1850-an, dan pada akhir abad ke-19, pemain cajon menciptakan cajon mereka sendiri dengan membalik papan di atas badan cajon untuk mengubah pola getaran suara instrumen. Setelah perbudakan berakhir, cajon didistribusikan ke khalayak yang lebih luas termasuk Criollos.

Perlu dicatat bahwa cajon berasal dari musisi budak di Amerika kolonial Spanyol, ada dua teori asal yang mendasari instrumen cajon. Ada kemungkinan drum berasal dari sejumlah instrumen kotak yang berasal dari Afrika barat dan tengah, khususnya di Angola dan Antilles. Alat musik perkusi ini diciptakan oleh para budak dari peti-peti pengapalan di Spanyol. Di kota-kota pelabuhan seperti Matanza, Kuba, pengiriman peti dan lemari cod telah menjadi alat pengalengan yang serupa. Musisi dan etnografer Peru Susana Baca, ibunya, mengatakan bahwa kajon berasal dari “kotak-kotak para pekerja yang membawa peti buah dan bekerja di pelabuhan.” Mereka membawa kotak-kotak tersebut untuk dimainkan sebagai alat musik hiburan.

Teori lain adalah bahwa para budak menggunakan kotak-kotak ini sebagai alat musik untuk melawan penjajah Spanyol yang melarang permainan musik di Afrika, yang dianggap sebagai alat musik mereka.

Sedangkan pada awal abad ke-20, festival tersebut adalah yang pertama menampilkan musik tanpa cajon, terutama karena pengaruh negara kulit hitam di Peru, sebuah band yang dibentuk pada tahun 1969, cajon mulai dianggap lebih penting. gitar dan mereka telah membangkitkan “ikon baru Peru”. .

Jual Cajon / Kajon / Drum Akustik Pearl Solid High Quality

Setelah kunjungan singkat tahun 1980 dan presentasi televisi di kota Lima dengan perkunis Peru Caitro Soto, pemain gitar flamenco Spanyol Paco de Lucía membawa cajon ke Spanyol untuk dimasukkan ke dalam musiknya sendiri dan dia terkesan dengan suara instrumen ini.

Seperti Tondero, Zamacueca dan Peruvian Waltz, Flamenco Spanyol modern dan beberapa gaya Rumba Kuba modern. Kajon sering digunakan untuk mengiringi gitar akustik atau piano. Kajon dengan cepat menjadi terkenal di genre blues, pop, rock, funk, world music, jazz, dll. Kajon sering digunakan oleh band sebagai bass drum, hanya untuk menggantikan full drum jika tampilannya minimalis, karena kajon dapat secara bersamaan berfungsi sebagai bass drum dan kursi drum untuk drummer. Meskipun terkadang dimainkan oleh beberapa band sebagai alternatif dari bodhrán, cajon belum menjadi instrumen populer dalam musik rakyat Irlandia, di mana drum bingkai tradisional memiliki suara yang lebih pelan dan bernada tinggi. gaya permainan yang unik. . Kajon juga ditampilkan di

Leave a Reply

Your email address will not be published